MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
REPUBLIK INDONESIA
PENGUMUMAN
NOMOR: 903/M.KOMINFO/KP.03.01/09/2013
TENTANG
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
TAHUN ANGGARAN 2013
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 215 Tahun 2013 tanggal 21 Agustus 2013 tentang Foimasi
Pegawai Negeri Sipil Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) Tahun Anggaran 2013, Kementerian Kominfo membuka kesempatan pada
warga negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan pada lampiran pengumuman ini.
A. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Republik Indonesia
2. Memiliki integritas yang tinggi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia
3. Bersedia tidak melakukan korupsi dengan menandatangani pakta integritas.
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI.
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik.
6. Tidak pemah diberhentikan tidak dengan hoimat sebagai pegawai negeri atau pegawai swasta.
7. Tidak pemah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.
8. Bersedia di tempatkan di seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
9. Berkelakuan baik, berbadan sehat, baikjasmani maupun rohani, dan bebas dari narkoba dan zat adiktif lainnya (dibuktikan dengan surat keterangan
catatan kepolisian dan surat keterangan sehat dari dokter yang harus dilengkapi setelah lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD)
B. PERSYARATAN KHUSUS
1. Usia:
a. S1/D-IV dan S2: paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2013
b. D-lll paling tinggi 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2013
3. Terakreditasi A dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Kemdikbud(Surat Tanda Lulus Sementara Tidak Berlaku).
4. TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris
terakreditasi dengan nilai minimal 450.
5. Pelamar merupakan lulusan :
a. Diploma III (D.III) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
b. Sarjana (S.1) atau Diploma IV (D.IV) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
c. Master/Magister (S.2) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,25 (tiga koma dua lima)
d. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Perguruan Tinggi disertai konversi IPK ke dalam skala 4
6. Untuk Pelamar Formasi Khusus bagi Putra/i Papua harus dibuktikan dengan akte kelahiran Pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya adalah asli dan lahir di Papua) dan Kartu Keluarga.
7. Untuk Pelamar Formasi Khusus bagi Disabilitas Fisik (penyandang tuna daksa kaki) dibuktikan dengan mengirimkan Foto berwama terbaru seluruh badan ukuran 4R.
C. DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN
1. Pada saat registrasi online :
a. Pasfoto berwama terbaru.
b. Fotokopi ijasah pendidikan terakhir yang dilegalisir.
Untuk proses penerimaan CPNS, dipersyaratkan Ijasah Pendidikan terakhir, sedangkan Surat Tanda Kelulusan TIDAK BERLAKU. Untuk pelamar lulusan
dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti - Kemdikbud, atau Surat Keterangan telah mengajukan
permohonan Penyetaraan Ijasah.
c. Surat Keterangan Akreditasi dari BAN-PT untuk yang tidak mencantumkan akreditasi pada ijazah.
d. Fotokopi transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir.
e. Sertifikat TOEFL prediction yang masih berlaku sampai bulan Desember 2013
f. Bagi Formasi Khusus Putra/i Papua harus mengunggah (upload) akte kelahiran Pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya asli
dan lahir di Papua) dan Kartu Keluarga dalam format PDF.
g. Bagi Formasi Khusus Disabilitas Fisik (penyandang tuna daksa kaki)harus mengunggah (upload) Foto berwama terbaru seluruh badan
ukuran 4R (format JPEG dengan ukuran kurang dari 100KB).
h. Seluruh dokumen harus dipersiapkan dalam bentuk berkas elektronik :
• Pasfoto dalam format JPEG dengan ukuran kurang dari 100 KB,
• Foto Berwama terbaru seluruh badan dalam format JPEG dengan ukuran kurang dari 100 KB (Foimasi Khusus Disabilitas Fisik)
• Fotokopi ijasah, transkrip nilai, Surat Keterangan Akreditasi dan sertifikat TOEFL serta akta kelahiran pelamar dan orang tua (foimasi khusus
Putera/i Papua) dipindai menjadi satu berkas diiital dalam format PDF dengan ukuran kurang dari 500 KB.
2. Pada saat verifikasi fisik sebelum Tes Kompetensi Dasar (TKD):
Kartu Peserta Tes Kompetensi Dasar (TKD)dapat diambil langsung oleh Pelamar setelah melewati verifikasi fisik di lokasi tes dengan membawa:
a. Nomor Registrasi/Pendaftaran Online.
b. Ijazah asli pendidikan terakhir dan fotocopy.
c. Transkrip nilai asli pendidikan terakhir dan fotocopy.
d. Surat Keterangan Akreditasi dari BAN-PT untuk yang tidak mencantumkan akreditasi pada ijazah dan Fotocopy.
e. Sertifikat TOEFL asli dan fotocopy.
f. KTP asli dan fotocopy.
g. Pasfoto berwama terbaru ukuran 4×6 sebanyak 1lembar.
h. Akte kelahiran asli pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya asli dan lahir di Papua) dan fotocopy.
Berkas harus ditunjukkan pada petugas verifikator di lokasi. Ketidaklengkapan atau ketidaksesuaian berkas berakibat pencabutan hak mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD).
D. JADWAL, MATERI TES DAN LAIN-LAIN
1. Tahapan dan batas waktu penerimaan CPNS Kementerian Kominfo adalah
I. Registrasi:
- Pengumuman resmi : 25 September - 6 Oktober 2013
- Penerimaan registrasi lamaran melalui situs e-CPNS Kementerian Kominfo 25 September - 6 Oktober 2013
II. Verifikasi administrasi Online:
- Verifikasi administrasi online oleh Tim - Pelaksana Seleksi CPNS Kominfo 26 September - 6 Oktober 2013
- Pengumuman pelamar dipanggil TKD 8 Oktober 2013
III. Tes Kompetensi Dasar (TKD) *):
- Verifikasi bukti fisik administrasi bagi pelamar yang dipanggil TKD November 2013
- Tes Kompetensi Dasar (TKD) November 2013
IV. Tes Kompetensi Bidang (TKB) **):
- Pengumuman pelamar yang dipanggil TKB November 2013
- Tes Kompetensi Bidang (TKB) November 2013
V. Hasil final **):
- Pengumuman kelulusan CPNS Desember 2013
- Registrasi ulang dan penyerahan - berkas pelamar diterima Desember 2013
PERHATIAN:
a. Jadwal diatas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi. Untuk itu pastikan bahwa Anda selalu melihat situs http://cpns.kominfo.ao.id secara
berkala;
b. Tes Kompetensi Dasar akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang akan ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan diperkirakan pada
bulan November 2013.
2. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Tes (CAT) dan sepenuhnya dikelola secara terpusat oleh BKN. Tempat
pelaksanaan TKD di Gedung BPRTIK (Balai Pelatihan dan Riset UK) JI.Kertamukti No.10 Ciputat - Tangerang Selatan.
Materi Tes Kompetensi Dasar, terdiri dari :
a. Tes Wawasan Kebangsaan
b. Tes Intelegensi Umum
c. Tes Karakteristik Pribadi
3. Peserta diwajibkan datang di Gedung BPRTIK JI.Kertamukti No.10 Ciputat - Tangerang Selatan dan tidak boleh diwakilkan untuk melakukan verifikasi
administrasi bukti fisik 1 (satu) hari sebelum mengikuti TKD CAT yang telah dijadwalkan.
4. Jumlah lowongan yang dibuka untuk tahun 2013 sebanyak132 orang.
Sesuai Surat Keputusan Menteri PAN dan RB Nomor 215 Tahun 2013 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kominfo TA 2013, tersedia132
orang yang dibuka untuk umum termasuk3 (tiga) Formasi untuk Putera/i Daerah Papua dan 1 (satu) Formasi untuk Disabilitas Fisik.
a. Formasi Khusus Bagi Putera/i Papua :
1). Dialokasikan untuk:
• 1 (satu) orang S1 Akuntansi untuk formasi Penata Laporan Keuangan di Biro Keuangan.
• 1 (satu) orang S1 Komunikasi untuk formasi Analis Kebijakan di Direktorat Kemitraan Komunikasi.
• 1 (satu) orang S1 Hukum untuk formasi Perancang Peraturan Perundang-undangan di Biro Hukum
2). Test akan dilaksanakan di Propinsi Papua (di Jayapura) dan Propinsi Papua Barat (di Manokwari) dengan sistem Lembar Jawaban
Komputer (UK)
3). Proses Pelaksanaan test dan kelulusan sepenuhnya menjadi kewenangan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS
tahun 2013 yang diketuai oleh Menteri PAN dan RB.
b. Formasi bagi Disabilitas Fisik (penyandang tuna daksa kaki) dialokasikan untuk:
1 (satu) orang D-lll Akuntansi untuk formasi Verifikator Keuangan.
5. Tim Seleksi CPNS Kementerian Kominfo Tahun 2013 berhak menggugurkan peserta apabila data yang diisikan pada formulir online tidak sama/tidak
sesuai/tidak memenuhi syarat.
6. Hanya pelamar dengan ranking teratas sebanvak 15 (lima belas) kali dari jumlah setiap formasi yang akan dipanggil untuk mengikuti Tes Kompetensi
Dasar (pemeringkatan berdasarkan perguruan tinggi dan IPK).
7. Hanya pelamar dengan ranking teratas sebanvak 3 (tiga) kali dari jumlah hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang akan dipanggil untuk mengikuti Tes
Kompetensi Bidang (TKB).
8. Sistem Infomiasi Penerimaan CPNS Kementerian Kominfo http://cpns.kominfo.qo.id mempakan satu-satunya informasi dan layanan resmi
terkait dengan Penerimaan CPNS Kementerian Kominfo.
9. Pelamar wajib mengikuti informasi terbaru yang disampaikan melalui situs CPNS secara berkala.
10. Kesalahan / kelalaian mengikuti prosedur yang ditetapkan dan berakibat langsung maupun tidak langsung pada pelamar mempakan tanggung-jawab
pelamar.
11. Tim Pelaksana Seleksi CPNS Kementerian Kominfo tidak menerima kontak langsung baik melalui tatap muka maupun alat komunikasi lainnya terkait dengan
seluruh proses Penerimaan CPNS Kementerian Kominfo.
12. Pengirim data lamaran dianggap telah membaca dan memahami seluruh proses yang telah ditetapkan.
13. Apabila pelamar yang dinyatakan lulus Tes serta telah memenuhi persyaratan untuk diangkat sebagai CPNS Kementerian Kominfo Tahun Anggaran 2013
mengundurkan diri, maka wajib membayar denda sebesar Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) yang akan disetorkan ke kas Negara.
14. Pelaksanaan Seleksi CPNS Kementerian Kominfo tidak dipungut biaya apapun.
15. Keputusan Tim Pelaksana Seleksi CPNS bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
RINCIAN TAMBAHAN FORMASI CPNS PUSAT DARI PELAMAR UMUM
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA TAHUN ANGGARAN 2013
1. Penata Laporan Keuangan S1.Akuntansi III/a 16
2. Verifikator Keuangan (dapat dilamar oleh disabilitas)
D3 Akuntansi II/c 10
D3 Manajemen II/c 1
3. Perencana
S1 Ilmu Komunikasi III/a 1
S1 Ekonomi III/a 1
S1 Teknik Informatika III/a 1
4. Analis Kepegawaian S1 Hukum III/a 1
5. Assessor S1 Psikologi III/a 1
6. Analis Kebijakan
S1 Manajemen Ekonomi III/a 1
S1 Matematika III/a 1
S1 Teknik Informatika III/a 1
S1 Hukum III/a 1
S1 Teknik Elektro III/a 2
S1 Hukum III/a 1
S1 Sistem Komputer III/a 1
S1 Teknik Informatika III/a 1
S1 Hukum Pidana III/a 1
S1 Komunikasi III/a 4
S1 Teknik Elektro III/a 1
S1 Teknik Telekomunikasi III/a 1
S1 Hukum Internasional III/a 1
S2 Kebijakan Publik III/b 1
S1 Sarjana Hukum Bisnis III/a 1
S1 Teknik Informatika III/a 1
S1 Manajemen Informatika III/a 1
S1 Tek. Elektro III/a 1
S1 Tek. Elektro III/a 1
S1 Komunikasi III/a 1
S1 Komunikasi III/a 1
S1 Manajemen Informatika III/a 1
S1 Teknik Telekomunikasi III/a 1
Diploma IV Logistik Politeknik Pos III/a 1
S1. Teknik Informatika III/a 1
S1 Hukum III/a 1
S1 HUkum III/a 1
S1 Ilmu Hukum III/a 1
S1 Teknik Telekomunikasi III/a 1
S1 Manajemen Informatika III/a 1
S1 Teknik Telekomunikasi III/a 1
S1 Teknik Informatika III/a 1
7. Auditor
S1 Teknik Elektro III/a 2
S1 Teknik Telekomunikasi III/a 2
S1 Teknik Informatika III/a 1
S1 Hukum III/a 2
S1 Akuntansi III/a 1
8. Penerjemah
S1 Sastra Inggris III/a 1
9. Perancang Peraturan Perundang-undangan
S2 Hukum III/b 1
S1 Hukum III/a 2
10. Pengolah Bahan Diklat Teknis
D3 Ilmu komputer II/c 1
11. Pranata Humas
S1 Komunikasi III/a 3
S1 Jurnalistik/Public Relation III/a 1
S1 Komunikasi Massa III/a 1
12. Pranata Komputer
S1 Teknik Informatika/Ilmu Komputer III/a 2
13. Widyaiswara
S1 Pendidikan III/a 1
S2 Komunikasi III/b 1
14. Sekretaris
D3 Sekretaris II/c 1
15. Analis Tindak Lanjut Hasil Pengawasan
S1 Hukum III/a 1
S1 Akuntansi III/a 1
16. Konservator dan Restorasi Benda Bersejarah
S1 Arkeologi/Sejarah/Antropologi III/a 1
17. Pengendali Frekuensi Radio
S1 Tek Elektro III/a 1
S1 Tek Telekomunikasi III/a 1
18. Penguji Perangkat Telekomunikasi
S1 Tek Elektro III/a 3
19. Reporter
S1 Komunikasi III/a 1
20. Analis Tekniks Operasi Sumber Daya
S1 Ekonomi III/a 2
S1 Tek. Telekomunikasi III/a 1
21. Analis Teknis Standardisasi Perangkat
S1 Tek Elektro III/a 2
S1 Tek Informatika III/a 1
22. Analis Tekniks Informasi Komunikasi Publik
S1 Komunikasi/Jurnalistik III/a 3
S2 Sosial Politik (Hubungan Internasional) III/b 1
S1 Komunikasi Massa III/a 1
S2 Hukum III/b 1
23. Analis Insiden Keamanan Informasi
S1 Teknik Informatika III/a 1
24. Analis Teknis Jaringan Akses
S1 Teknik Informatika III/a 1
25. Peneliti
S1 Teknik Elektro III/a 1
S1 Teknik Elektro III/a 1
S1 Komunikasi III/a 1
S1 Teknik Informatika III/a 1
S1 Ilmu Politik III/a 1
S1 Komunikasi III/a 1
S1 Komunikasi III/a 1
S1 Teknik Telekomunikasi III/a 1
S1 Komunikasi III/a 1
S1 Teknik Elektro III/a 1
S1 Komunikasi III/a 1
S1 Tekik Informatika III/a
S1 Komunikasi III/a 1
S1 Teknik Informatika III/a 1
26. Statistisi
S1 Statistik III/a 4
No | Pendidikan | Jumlah |
1. | Akuntansi | 27 |
2. | Akuntansi (khusus putera daerah Papua) | 1 |
3. | Arkeologi/Sejarah/Antropologi | 1 |
4. | Ekonomi | 3 |
5. | Hukum | 11 |
6. | Hukum (khusus putera daerah Papua) | 1 |
7. | Hukum Bisnis | 1 |
8. | Hukum Internasional | 1 |
9. | Hukum Pidana | 1 |
10. | Ilmu Hukum | 1 |
11. | Ilmu Komputer | 1 |
12. | Ilmu Komunikasi | 1 |
13. | Ilmu Politik | 1 |
14. | Jurnalistik/Public Relation | 1 |
15. | Kebijakan Publik | 1 |
16. | Komunikasi | 16 |
17. | Komunikasi (khusus putera daerah Papua) | 1 |
18. | Komunikasi Massa | 2 |
19. | Komunikasi/Jurnalistik | 3 |
20. | Logistik Politeknik Pos | 1 |
21. | Manajemen | 1 |
22. | Manajemen Ekonomi | 1 |
23. | Manajemen Informatika | 3 |
24. | Matematika | 1 |
25. | Pendidikan | 1 |
26. | Psikologi | 1 |
27. | Sastra Inggris | 1 |
28. | Sekretaris | 1 |
29. | Sistem Komputer | 1 |
30. | Sosial Politik (Hubungan Internasional) | 1 |
31. | Statistik | 4 |
32. | Teknik Elektro | 16 |
33. | Teknik Informatika | 12 |
34. | Teknik Informatika/Ilmu Komputer | 2 |
35. | Teknik Telekomunikasi | 10 |
Jumlah | | 132 |
Registrasi Online (26 September - 06 Oktober langsung menuju situs resmi http://cpns.kominfo.go.id/